Das Leben ist nur einmal || Viel Spaß in deinem Leben

Rabu, 19 Mei 2021

Präpositionen Akkusativ und Dativ

Präpositionen (preposisi), kalau saya menyebutnya adalah kata penghubung. Dalam bahasa Indonesia contohnya ke, di, di atas, di bawah, kecuali, di dalam, di seberang, setelah, tanpa dll

Präpositionen ada berbagai macam, tergantung kasus pada kalimat (ada preposisi Akkusativ, Dativ dan Genetiv). Tapi kali ini kita hanya belajar tentang Präpositionen Akkusativ dan Dativ.

* Präpositionen Akkusativ :

  • bis (sampai). Contoh kalimat :
    • Bis wann muss ich heute arbeiten? (Sampai kapan saya hari ini harus bekerja?) → Hauptsazt.
    • Du musst heute arbeiten, bis deine Arbeit fertig ist. (Kamu hari ini harus bekerja sampai pekerjaan kamu selesai) → als Nebensatz.
  • durch (melewati/melalui). Contoh kalimat :
    • Wir gehen durch den Park. (Kita pergi melewati taman itu.) 
      •  Wir gehen dadurch. (Dadurch disini megacu pada durch den Park.)
    • Durch Corona-Pandemi müssen wir zu Hause bleiben. (Melalui Pandemi Corona kita harus berada di rumah.)
      • Dadurch müssen wir zu Hause bleiben. (Dadurch mengacu pada durch Corona-Pandemi.)
  • für (untuk). Contoh kalimat :
    • Ich habe Blumen für dich gekauft. (Saya telah membeli bunga untuk kamu.)
    • Für ein neues Haus brauchen wir 30.000 Euro. (Untuk rumah baru kita membutuhkan 30.000 Euro)
      • Dafür brauchen wir 30.000 Euro. (Dafür mengacu pada für ein neues Haus)
  • ohne (tanpa). Contoh kalimat :
    • Ich kann ohne dich leben. (Saya tidak bisa hidup tanpa kamu.)
    • Er kommt ohne seine Frau. (Dia datang tanpa istrinya.)
  • gegen (melawan,perkiraan waktu/uang). Contoh kalimat :
    • Sie kommen gegen 12 Uhr. (Mereka datang sekitar pukul 12.)
    • Dortmund hat gegen Bayern München gewonnen. (Dortmund telah menang melawan Bayern München)
  • um (informasi lokal, temporal dan numerik). Contoh kalimat :
    • Es geht um uns. (Ini tentang kita.)
      • Darum geht es (Ini tentang itu. Darum disini berbicara tentang um uns.)
    • Ihr kommt um 17.00 Uhr. (Kalian datang pukul 17.00)
    • Du solltest um den Stau herum fahren. (Kamu sebaiknya berkendara di sekitar macet → maksudnya disini mencari jalan lain dan tidak berhenti di titik macet.)

*Präpositionen Dativ

  • ab (dimulai dari). Contoh kalimat :
    • Ab Montag müssen wir wieder arbeiten. (Dimulai dari hari senin kita harus kembali bekerja.)
  • aus (berasal dari/dari). Contoh kalimat :
    • Um wie viel Uhr kommst du aus dem Kurs? (Jam berapa kamu keluar dari kursus?)
    • Die Kirche stammt aus dem 15. Jahrhundert. (Gereja ini berasal dari abad ke-15.)
  • außer (kecuali). Contoh kalimat :
    • Ihr könnt außer mir gehen. (Kalian bisa pergi tanpa saya.)    
  • zu (ke orang yaa/tempat, untuk). Contoh kalimat :
    • Sie kommen zu uns. (Mereka datang ke kita.)
    • Zu Weihnachten schenke ich euch einen großen Kuchen. (Untuk Natal saya menghadiahkan kalian sebuah kue yang besar.)
      • Dazu schenke ich euch einen großen Kuchen. (Dazu mengacu pada zu Weihnachten.)
  • nach (ke negara/kota, setelah/sesudah, berbelok ke arah). Contoh kalimat :
    • Wir müssen nach rechts abbiegen. (Kita harus berbelok ke arah kiri.)
    • Nächstes Jahr fliegen wir nach Indonesien. (Tahun depan kita terbang ke Indonesia.)
    • Nach der Schule gehen wir zum Supermarkt. (Setelah sekolah kita pergi ke supermarket.)
      • Danach gehen wir zum Supermarkt. (danach disini mengacu kepada nach der Schule.)
  • bei (bersama, saat). Contoh kalimat :
    • Ich will immer bei dir sein. (Aku ingin selalu bersama kamu.)
    • Beim (bei dem) Essen dürfen wir kein Handy spielen. (Saat makan kita tidak boleh bermain Hp.)
  • von (dari). Contoh kalimat :
    • Das Geschenk haben wir von unseren Nachbarn bekommen. (Hadiah itu kita dapatkan dari tetangga-tetangga kita.)
    • Ich muss von Montag bis Freitag arbeiten. (Saya harus bekerja dari hari senin sampai hari jumat.)
    • Vom (Von dem) Buch habe ich viel gelernt. ( Dari buku itu saya banyak belajar.)
      • Davon habe ich viel gelernt. (davon disini mengacu pada von dem/vom Buch.)
  • mit (dengan). Contoh kalimat :
    • Wir fahren nach Hannover mit dem Zug. (Kita berkendara ke Hannover dengan kereta.)
    • Ich arbeite mit dem Laptop. (Saya bekerja dengan laptop.)
      • Ich arbeite damit. (damitmit dem Laptop)
  • seit (sejak, selama). Contoh kalimat :
    • Seit 3 Monaten habe ich kein Fleisch mehr gegessen. (Sejak 3 bulan saya tidak makan daging lagi.)
  • gegenüber (disebrang). Contoh kalimat :
    • Gegenüber meinem Büro ist ein Supermarkt. (Disebrang kantor saya adalah sebuah supermarket.)

*Wechselpräpositionen

Bisa digunakan untuk kasus Akkusativ dan Dativ, tergantung kasusnya.

wo (dimana/tidak ada pergerakan) → Dativ 
wohin (kemana/ada pergerakan) → Akkusativ

  • in. Contoh kalimat :
      • Akkusativ : Ich gehe in die Schule. (Saya pergi ke sekolah.)
      • Dativ : Jetzt bin in der Schule. (Sekarang saya ada di sekolah.)

      • an. Contoh kalimat : 
          • Akkusativ : Luna hängt das Foto an die Wand. (Luna menggantung foto itu di dinding.)
          • Dativ : Jetzt hängt das Foto an der Wand. (Sekarang foto itu tergantung di dinding.)
        • auf. Contoh kalimat :
          • Akkusativ : Mein Mann legt mein Handy auf den Tisch. (Suami saya meletakkan HP saya di atas meja.)
          • Dativ : Jetzt liegt mein Handy auf dem Tisch. (Sekarang HP saya tergeletak di atas meja.)
        • neben. Contoh kalimat :
          • Akkusativ : Ich möchte mich neben Stefan setzen. (Saya ingin duduk disebelah Stefan.)
          • Dativ : Jetzt sitze ich neben ihm. (Sekarang saya duduk disamping dia.)
        • hinter. Contoh kalimat :
          • Akkusativ : Ich stelle mich hinter die Tür.  (Saya berdiri di belakang pintu.)
          • Dativ : Jetzt stehe ich hinter der Tür.  (Sekarang saya berdiri di belakang pintu.)
        • über (diatas tapi tidak menyentuh). Contoh kalimat :
          • Akkusativ : Mein Mann hängt die Lampe über den Tisch. (Suamiku menggantung lampu itu di atas meja.) 
          • Dativ : Jetzt hängt die Lampe über dem Tisch. (Sekarang lampu itu menggantung di atas meja.)
        • unter. Contoh kalimat :
          • Akkusativ : Die Kamere lege ich unter den Tisch. (Saya letakkan kamera ini dibawah meja.)
          • Dativ : Jetzt liegt die Kamera unter dem Tisch. (Sekarang kamera itu terletak di bawah meja.)
        • vor. Contoh kalimat :
          • Akkusativ : Ich stelle mich vor die Tür.  (Saya berdiri di depan pintu.)
          • Dativ : Jetzt stehe ich vor der Tür. (Sekarang saya berdiri di depan pintu.)
        • zwischen. Contoh kalimat :
          • Akkusativ : Sie setzt sich zwischen 2 Männer. (Dia duduk di antara 2 pria.)
          • Dativ : Jetzt sitzt sie zwischen ihnen. (Sekarang dia duduk di antara mereka.)

        Latihan yukkkkk!!!!!!



        1 komentar:

        1. 1. Nur Akkusativ
          2. Die Schule
          3. Den Tisch
          4. Dem Tisch
          5. Der Schule
          6. Der Kirche
          7. Dem Sofa
          8. Den Stuhl
          9. Die Sofa
          10.Der Essen
          11.Die Kirche
          12.Die Mauer
          13.Dem Tisch
          14.Der Fernseher
          15.Die Bäumen
          16.Der Fahrrad
          17.Dem Bäcker
          18.Der Auto und Den Baum
          19.Der Kleid und Der Hose
          20.Das Haus und Der Mauer
          21.Der Auto
          22.Den Mann
          23.Der Baum

          4.

          BalasHapus

        Contoh Surat B1

        Die Aufgabe Sie waren auf der Hochzeit einer Freundin. Ein Freund/eine Freundin von Ihnen konnte nicht mitkommen, weil er/sie krank war. Sch...